JOB DESCRIPTION RINCIAN KERJA

EDUCATION FIELD MONITOR AND COACH

PENGAWAS LAPANGAN PENDIDIKAN DAN PEMBINA

THE SALVATION ARMY OF INDONESIA BALA KESELAMATAN INDONESIA

 

Title:                        Education Field Monitor and Coach

Jabatan                 Pengawas Lapangan Pendidikan

Location:               Palu, Central Sulawesi

Lokasi                     Palu, Sulawesi Tengah

Duration:               2 year contract with option for 2 year extension

Jangka Waktu      kontrak 2 tahun dengan pilihan 2 tahun perpanjangan

 

Education Qualification Kualifikasi Pendidikan

  • Bachelor of Education or equivalent required

         Sarjana Pendidikan atau sejajar

 

Other Qualifications Kualifikasi Lain

  • Experience as a classroom teacher, Primary school preferred.

         Memiliki pengalaman sebagai guru kelas, lebih diinginkan guru SD.

  • Experience in the delivery of teacher training.

         Berpengalaman dalam melakukan pelatihan guru.

  • Willingness to travel frequently to rural areas in Central & Western Sulawesi, and occasional visits to other locations, for field monitoring and coaching activities.

         Mampu dan dapat sering bepergian ke area pedesaan di Sulawesi Tengah dan Barat, dan kunjungan sewaktu-waktu ke lokasi yang lain, untuk pengawasan lapangan dan kegiatan pembinaan.

  • Experience and capacity to use Microsoft Office applications.  Willingness to learn new technology tools, such as mobile-based monitoring apps, as necessary.

         Memiliki pengalaman dan dapat menggunakan aplikasi Microsoft Office. Mau untuk mempelajari alat teknologi yang baru, khususnya aplikasi pengawasan yang berbasis mobile.

  • Possess a high level of confidentiality.

         Dapat menjaga kerahasiaan.

  • Passion for Service and the willingness to embrace The Salvation Army’s Christian Ministry as it relates to Education Initiatives.

         Memiliki hasrat untuk Pelayanan dan kemauan untuk membangun Pelayanan Kristen Bala Keselamatan sehubungan dengan inisiatif Pendidikan.

  • Willingness to rapidly familiarize with Salvation Army organizational structures and personnel and to work within these structures effectively.

          Kesediaan untuk membiasakan diri dengan struktur organisasi dan personel Bala Keselamatan dan bekerja dalam struktur ini secara efektif

  • Personal interest in child education and the development of schools and communities.

         Memiliki ketertarikan pribadi terhadap pendidikan anak dan pengembangan sekolah dan masyarakat.

  • Willingness to actively participate in professional development opportunities that have been provided for this position and incorporate learning into practices.

         Kesediaan untuk berpartisipasi secara aktif dalam kesempatan pengembangan professional yang telah disediakan untuk posisi ini dan menggabungkan pembelajaran terhadap praktek.

 

Lokasi/Location –Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat

 

Background  Latar Belakang

The SA first began its schooling ministries in the early part of the 20th century.  Currently there are approximately 90 Salvation Army Schools in Indonesia at the Primary and Secondary levels. There are a few on Java Island, including Jakarta, one in Makassar and one in East Kalimantan.  However the vast majority of these are rural schools concentrated in Central and Western Sulawesi, most within 3 hours driving distance of the City of Palu.  More than 85% of these are Primary schools.  While there are wide variations in the capacity levels of these schools, most struggle to provide quality educational services to students in their communities, particularly in the rural areas.

Bala Keselamatan memulai pelayanan pendidikan di awal abad ke 20. Saat ini ada sekitar 90 sekolah-sekolah Bala Keselamatan di Indonesia di tingkat Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah. Beberapa dari sekolah-sekolah ini terletak di pulau Jawa, termasuk Jakarta, satu di Makassar dan satu di Kalimantan Timur. Akan tetapi kebanyakan dari sekolah-sekolah ini merupakan sekolah desa yang ada di Sulawesi Tengah dan Barat, kebanyakan berjarak 3 jam perjalanan dari kota Palu. Lebih dari 85% adalah Sekolah Dasar. Sementara ada variasi yang besar dalam tingkat kapasitas sekolah-sekolah ini, kebanyakan berjuang untuk menyediakan layanan pendidikan yang berkualitas bagi siswa-siswa di masyarakat mereka, khususnya di area pedesaan.

The Salvation Army (SA) of Indonesia is embarking on a large initiative to improve the quality of education and the capacity of its Primary and Secondary Schools. The School Capacity Development (SCD) Program will be rolled out over approximately four years. 

Bala Keselamatan Indonesia memulai sebuah inisiatif besar untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan kapasitas Sekolah Dasar dan Sekolah Lanjutannya. Program Pengembangan Kapasitas Sekolah (SCD) akan dilakukan untuk jangka waktu sekitar empat tahun.

Over the next few years, with support from partner organizations, our desire is to implement several inter-related projects that comprise the Indonesia SCD Program.  Its purpose is to improve the quality of education, and thereby student learning outcomes, through a holistic school capacity development strategy.  The program concentrates on (a) professional development of school teachers and principals, including specialized training in early literacy instruction, (b) improving community engagement with schools, (c) increasing staff capacity in monitoring of educational quality and (d) provision of basic school materials and facilities.  All Indonesian schools at the Primary and Secondary levels – a total of nearly 90 – will be engaged.  In addition, the strategy includes (e) after-school support for child reading in Corps-based Reading Rooms.

Dalam beberapa tahun ke depan, dengan bantuan dari organisasi mitra, keinginan kami adalah untuk melaksanakan beberapa proyek yang saling berhubungan yang meliputi program SCD Indonesia. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kualitas pendidikan, dan hasil pembelajaran siswa melalui strategi pengembangan kapasitas sekolah yang holistic. Program ini berpusat pada (a) pengembangan professional para guru dan kepala sekolah, termasuk pelatihan khusus dalam instruksi literasi awal, (b) meningkatkan keterlibatan masyarakat dengan sekolah, (c) meningkatkan kapasitas staff dalam pengawasan kualitas pendidikan dan (d) penyediaan materi dasar sekolah dan fasilitasnya. Seluruh sekolah-sekolah Indonesia tingkat dasar dan menengah – totalnya hampir 90 sekolah – akan terlibat. Sebagai tambahan, strategi termasuk (e) bantuan usai-sekolah untuk bacaan anak di Korps berbasis Ruang Baca. 

We are currently seeking two education professionals for the Education Field Monitor & Coach position whose main role will be to conduct field visits to schools to document activities and coach teachers at Salvation Army primary and secondary schools over a 4-year period.  A 2 year contract will have option for extension for 2 years.

Saat ini kami mencari dua professional pendidikan untuk posisi Pengawas Lapangan dan Pembina yang peranan utamanya akan melakukan kunjungan lapangan ke sekolah-skeolah untuk merekam kegiatan-kegiatan dan membina para guru di Sekolan Dasar dan Menengah dalam jangka waktu 4- tahun. Sebuah kontrak berjangka waktu 2 tahun akan memiliki pilihan untuk perpanjangan 2 tahun selanjutnya.

 

General Summary of Job Responsibilities Ringkasan Umum Tanggung Jawab Pekerjaan

  • The main purpose for this position is to conduct school monitoring and teacher coaching activities for the School Capacity Development Program for the Indonesian Territory of The Salvation Army. The majority of field monitoring activities will be conducted in rural areas of Central Sulawesi.

         Tujuan utamauntuk posisi ini adalah untuk melakukan pengawasan sekolah dan kegiatan pembinaan guru untuk Program Pengembangan Kapasitas Sekolah bagi Bala Keselamatan Teritori                       Indonesia. Mayoritas kegiatan pengawasan lapangan akan dilakukan di area pedesaan di Sulawesi Tengah.

 

Tugas & Tanggung Jawab / Duties & Responsibilities:

  • Travel to schools, school cluster centres and Reading Room after-school program sites on a frequent basis to monitor educational activities

Kunjungan ke sekolah, kluster sekolah dan program usai-sekolah Ruang Baca dalam basis berkala untuk mengawasi kegiatan-kegiatan pendidikan

  • Provide coaching & training to teachers and reading instruction tutors.

Menyediakan pembinaan & pelatihan kepada para guru dan tutor membaca.

  • Conduct classroom observations and collect information

Melakukan observasi kelas dan mengumpulkan informasi

  • Use monitoring tools provided by SA, including mobile-based monitoring apps on an Android device (training will be provided)

Menggunakan alat pengawasan yang disediakan oleh Bala Keselamatan, termasuk aplikasi pengawasan yang berbasis mobile di Android (pelatihan akan disediakan)

  • Participate in teacher training and mobile monitoring training sessions for the purpose of learning new skills to train other SA staff.

Berpartisipasi dalam pelatihan guru dan sesi pelatihan pengawasan berbasis mobile untuk tujuan mempelajari keterampilan yang baru untuk melatih staff Bala Keselamatan lainnya. 

  • Train various SA staff members to use mobile-technology school monitoring tools.

Melatih anggota staff Bala Keselamatan yang berbeda-beda untuk menggunakan teknologi mobile untuk alat pengawasan sekolah

  • Participate in development of teacher training materials that would be used in refresher trainings or other ongoing teacher development activities.

Berpartisipasi dalam pengembangan materi pelatihan guru yang akan digunakan dalam pelatihan penyegar atau kegiatan-kegiatan pengembangan guru lainnya.

  • Organize and maintain a detailed schedule for field trips, in coordination with the Education Programme Manager.

Mengatur dan mempertahankan jadwal rincian untuk kunjungan lapangan, bekerjasama dengan Manajer Program Pendidikan.

  • Maintain accurate records on education program activities and school monitoring data.

Mempertahankan rekaman yang akurat mengenai kegiatan program pendidikan dan data pengawasan sekolah.

 

Financial Duties & Responsibilities Tugas & tanggung jawab Keuangan

  • Maintain monitoring activities budget. 

Mempertahankan anggaran kegiatan pengawasan.

  • Secure and maintain original receipts for all field activities.

Memastikan dan mempertahankan kwitansi asli untuk seluruh kegiatan lapangan.

 

This is a 2 year contracted position with an option for extension of 2 years (total 4 years), funded by an outside donor.  It will require a signed contract between the Salvation Army and the Employee.  There is potential for this to be renewed if both parties are amenable and additional funding either locally or internationally can be secured.

Ini adalah posisi untuk dua tahun dengan pilihan perpanjangan untuk 2 tahun (total 4 tahun), yang didanai oleh donor luar. Posisi ini akan membutuhkan kontak yang ditandatangani oleh Bala Keselamatan dan pekerja. Ada potensi posisi ini akan diperbaharui jika kedua belah pihak menyetujui dan ada dana tambahan yang tersedia baik secara lokal maupun internasional.

 

 

Untuk melamar: kirimkan CV dengan dua Bahasa kepada

simon_rafael@ins.salvationarmy.org atau fransiskaambitan@ins.salvationarmy.org

TO APPLY: send bi-lingual CV to simon_rafael@ins.alvationarmy.org or fransiskaambitan@ins.salvationarmy.org

 

 

Referensi situs resmi Bala Keselamatan: http://www.salvationarmy.or.id/ atau facebook https://www.facebook.com/TSAIndonesia.balakeselamatan/

 

 

Alamat :

Bala Keselamatan

Kantor Pusat Teritorial

Jl. Jawa No. 20

Bandung 40117

 

 

Batas lamaran: 2 Juni 2018