Setelah berkonsultasi dengan Dewan Manajemen Internasional Bala Keselamatan dan setelah waktu yang panjang untuk menyiapkan serta menjajaki, General André Cox telah menyetujui pembukaan secara resmi pelayanan Bala Keselamatan di negara Burkina Faso di Afrika Barat, yang menjadikannya sebagai negara ke-130 dimana pelayanan Bala Keselamatan memiliki pengakuan resmi dan sah secara hukum.

Pada Tahun 2005, sempat ditentukan bahwa jika Bala Keselamatan melakukan pelayanan di Burkina Faso, pada awalnya dibawah pengawasan dari teritori Ghana. Kemudian ditetapkan bahwa Burkina Faso adalah negara dengan bahasa pengantar Bahasa Perancis, dan Bahasa Perancis bukanlah bahasa pengantar di Ghana, akan lebih baik jika semua pekerjaan pelayanan di Burkina Faso berada dibawah naungan Regional Mali.

 

 

Pada tahun 2011, pesan yang diterima Kantor Pusat Internasional dari Mayor Eugene Dikalembolovanga, pada waktu itu menjabat sebagai opsir Regional Mali, yang mengindikasikan bahwa sebuah “pengakuan nasional” telah diterima dari pemerintah Burkina Faso, yang mengijinkan Bala Keselamatan untuk berkhotbah di manapun di Burkina Faso. Namun, nampaknya pemahaman setempat mengenai pendaftaran tidak sepenuhnya sejalan dengan persyaratan awal dari KPI, sehingga pekerjaan berlanjut pada kemajuan dokumen pendaftaran yang akan memuaskan pemerintah Burkina Faso serta sejalan dengan persyaratan dari KPI. Bala Keselamatan membuka 3 pelayanan di Burkina Faso dan berkembang dengan penuh semangat.

Pada musim gugur tahun 2012, dirasakan jika hal-hal luar biasa berkaitan dengan konstitusi Bala keselamatan dan hal pendanaan telah diselesaikan, sebuah langkah yang akan dicapai untuk memberikan pengakuan resmi kepada kehadiran Bala Keselamatan di Burkina Faso. Beberapa hal hukum memakan waktu agak lama untuk diselesaikan, namun hal tersebut telah diselesaikan untuk mendapatkan pengakuan resmi tersebut.

Kapten André dan Fatouma Togo, opsir dari Mali, sekarang sedang memimpin pelayananan di Burkina Faso, termasuk sebuah korps (gereja) di ibu kota negara, Ouagadougou. Kapten André dan Fatouma Togo dilatih di Teritori Republik Kongo dan telah melayani disana juga di Zimbabwe sebelum diutus ke Burkina Faso.

Pembukaan resmi, dibawah kepemimpinan komisioner Benjamin dan Grace Mnyampi (Sekretaris Internasional untuk Afrika, KPI dan Sekretaris Pelayanan Wanita Zona), akan berlangsung di Ouagadougou pada 25-27 Agustus 2018. Didalam program kegiatan akhir pekan tersebut berlangsung juga Reli Kaum Pria dan Kaum Wanita, Konser orang muda dan juga Ibadah Opsir.

Dinegara dengan moto “persatuan – Kemajuan – keadilan”, kita berdoa bahwa pelayanan Bala Keselamatan akan berdampak pada tujuan tersebut di waktu-waktu mendatang.

 

Source: https://www.salvationarmy.org/ihq/news/inr180618b