Last Updated: 03 September 2015

Setelah melayani selama 4,5 tahun di Teritori Indonesia –sebelumnya selama dua tahun sebagai Sekretaris Umum – Komisioner Mike Parker, Komandan Teritorial, dan Komisioner Joan Parker, Pemimpin Pelayanan Wanita Teritorial, maka terhitung 31 Juli 2015 memasuki masa purnabakti. Untuk memasuki masa purnakabkti ini dan melepas beliau berdua kembali ke negaranya, Inggris telah diadakan serangkaian ibadah selamat jalan di Jakarta pada tanggal 31 Juli 2015.

Ibadah pertama adalah ibadah Opsir yang dihadiri oleh para opsir dari Divisi Jawa dan Bali, para Komandan Divisi dan beberapa opsir dari wilayah lainnya. Dalam ibadah ini Komisioner menyampaikan khotbah terakhirnya sebagai Komandan Teritorial maupun opsir aktif. Dalam khotbahnya, yang diambil dari Efesus 4:1 beliau mengingatkan kepada para opsir untuk: hidup kudus, setia, mengandalkan kasih karunia-Nya dalam melayani sesama. Ini akan memberi dampak kepada umat yang dilayani. Kita akan mengalami “amazing grace”.

Ibadah kedua adalah ibadah selamat jalan yang dihadiri oleh jemaat sejabodetabek, dan Jawa Barat serta dari berbagai daerah lainnya, kurang lebih 600 jiwa. Ibadah ini juga dihadiri oleh Sekretaris Internasional kawasan Asia Timur dan Pasifik Selatan, Komisioner Gilliam Downer. Dalam sambutannya Komisioner Downer menyampaikan bahwa umat Bala Keselamatan di Indonesia sudah sangat mengenal, sudah sangat akrab, sudah menjadikan mereka berdua sebagai bagian dari keluarga. Namun demikian ini saatnya untuk berpisah. Itu sebabnya Komisioner mengingatkan agar tetap setia, setia pada panggilan yang Tuhan nyatakan di dalam Bala Keselamatan.

Dolam khotbahnya yang diambil dari Kisah Para rasul 20, Komisioner Mike Parker mengingatkan kepada semua umat Bala Keselamatan tantangan yang akan dihadapi di masa depan. Itu sebabnya visi 2020 lahir untuk menghadapi tantangan itu. Visi 2020: integritas, kepedulian, dan transformasi mengingatkan umat Bala Keselamatan akan tugas berat yang dihadapi di masa depan, maka dengan integritas, kepedualian dan transformasi kita dapat menghadapi tantangan itu. Komisioner Mike juga mengingatkan agar umat Bala Keselamatan sadar akan jati dirinya sebagai umat Bala Keselamatan. Umat Bala Keselamatan tidak perlu menjadi gereja lain, tetapi harus menjadi Bala Keselamatan di manapun berada.

Ibadah yang sama juga telah dilaksanakan di Palu, Sulawesi Tengah pada tanggal 25 – 26 Juli 2015. Ibadah-ibadah ini juga telah dihadiri oleh umat Bala Keselamatan dan para opsir se-Sulawesi Tengah yang dipusatkan di Korps II Palu.

Selamat memasuki masa purnabakti kepada Komisioner Mike dan Joan Parker. Terima kasih untuk pengabdian dan teladan hidup yang telah ditunjukkan kepada umat Bala Keselamatan di Indonesia. Semoga Tuhan yang penuh rahmat selalu memberkati.

Pada tanggal 2 Agustus 2015 diadakan ibadah selamat datang dan pelantikan sebagai Komandan Teritorial kepada Komisioner Peter Walker dan Pemimpin Pelayanan Wanita Teritorial, Komisioner Jennifer Walker. Saat upacara pelantikan, Komisioner Gillian Downer mengingatkan akan tugas dan tanggung jawab yang harus dipikul oleh kedua pemimpin di Teritori Indonesia, kemudian beliau mengajak seluruh umat Bala Keselamatan Indonesia untuk menerima dan bekerja sama dengan kedua pemimpin yang baru ini untuk bekerja giat bagi Tuhan, memenangkan sebanyak mungkin jiwa bagi kerajaan-Nya.

Dalam khotbah perdananya, Komisioner Walker mengingatkan bahwa Tuhan tidak mencari pemimpin, tetapi yang Tuhan cari adalah pengikut. Itu sebabnya Komisioner mengajak agar kita menjadi pengikut yang setia dari Tuhan kita Yesus Kristus. Sebagai pengikut kita diajar: sebagai pendoa, belajar Firman Tuhan, menjadi semakin seperti Yesus dan seseorang yang peduli pada sesama. Jadi panggilan kita, siapapun kita, adalah mengikut Yesus.

Selamat bertugas kepada Komisoner Peter dan Jennifer Walker. Tuhan yang penuh hikmat akan mencurahkan hikmat-Nya untuk memimpin Bala Keselamatan di Indonesia.

Laporan: Redaksi