Pelantikan opsirPenyematan bintang perak

Tanggal 20-21 Juni 2015 merupakan akhir pekan yang sangat istimewa bagi para Kadet angkatan “Pemberita Anugerah”. Sebanyak 28 Kadet, setelah menjalani proses pelatihan dan pendidikan selama dua tahun, dilantik dan diutus untuk memulai pelayanan mereka sebagai Opsir Bala Keselamatan.

Serangkaian kegiatan dilakukan: dimulai dengan saat doa pada Sabtu pagi (20/6), dimana para Kadet berdoa secara khusus agar mereka siapa menandatangani perjanjian mereka dengan Tuhan untuk melayani-Nya seumur hidup mereka. Pada saat ini Komandan Teritorial dan staf Pusdiklat membekali mereka dengan ayat-ayat firman Tuhan yang menguatkan dan memberanikan mereka mengambil keputusan yang penting ini. Acara ini juga dihadiri oleh para Opsir yang mendoakan para Kadet.

Kemudian dilanjutkan dengan acara yang sangat penting, dimana para Kadet menandatangani Surat Perjanjian mereka. Dalam ibadah khusus ini, dalam khotbahnya Komandan Teritorial, Komisioner Mike Parker mengatakan: “Ketika engkau membuat perjanjian dengan Tuhan, maka Tuhan setia adanya. Harapan dari Tuhan adalah agar kita juga setia dengan perjanjian kita itu.”

Lebih lanjut Komandan mengtakan bahwa ketika kita membuat perjanjian dengan Tuhan ada tanggung jawab yang harus dilakukan, seperti perjanjian suami isteri yang telah membuat perjanjian kudus sepanjang umur mereka. Mereka harus setia mengajarkan kesucian dan menjaga kesucian hidup mereka. Apapun yang terjadi dalam pelayanan kita, baik senang maupun susah ingatlah bahwa Tuhan setia dengan perjanjian itu, dan hendaknya kita pun setia dengan perjanjian itu.

Setelah para Kadet dikuatkan dengan pemberitaan firman Tuhan, maka dengan mantap mereka maju ke bangku anugerah dan menandatangani surat perjanjian mereka.

Malamnya ada ibadah kenaikan tingkat bagi para Kadet angkatan Utusan Terang. Dalam ibadah ini Sekretaris Umum, Lt. Kolonel Jones P. Kasaedja yang mendasari khotbahnya dari Yosua 1:1-9 agar selama menjalani masa praktek di lapangan terus memandang kepada ajaran Tuhan, tidak menyimpang ke kanan atau ke kiri. Banyak godaan yang menyebabkan kita gagal menjalani pangggilan Tuhan ini.

Esoknya, Minggu (21/6) adalah hari yang ditunggu-tunggu oleh para Kadet Pemberita Anugerah”. Tidak hanya akan dilantik menjadi Opsir Bala Keselamatan, tetapi juga akan menerima tugas pelayanan mereka yang pertama. Dalam ibadah yang penuh sukacita yang diisi dengan persembahan pujian tidak hanya dari para Kadet, tetapi juga dari KPT dan Paduan Suara Nafiri Keluarga dari Korps I Palu, Komandan kembali memberi dorongan kepada para Kadet agar benar-benar dapat memberitakan anugerah Tuhan kepada dunia yang sudah rusak oleh karena dosa. Kembali Komandan mengingatkan agar para Kadet harus merasakan terlebih anugerah itu, sebelum mereka dapat memberitakan anugerah dari Allah Bapa di surga.

Dalam ibadah ini juga diberikan penghargaan “Bintang Perak” kepada para orang tua Kadet yang telah menyerahkan anak mereka untuk melayani Tuhan. Suasana yang sangat mengharukan di mana para Kadet menggandeng orang tua mereka ke depan platform kemudian mereka menyematkan bintang perak, dan kemudian berdoa bersama.

Akhirnya selamat berjuang kepada “Pemberita Anugerah”. Beritakanlah anugerah itu, baik atau tidak baik waktunya. Siap sedialah selalu. Tuhan yang memanggilmu, maka Dia juga akan menyertaimu sampai kepada kesudahannya.

Laporan: Redaksi.