Pada Peringatan Bala Keselamatan Uang Koin diproduksi oleh Royal Mint [Badan Percetakan Uang Kerajaan Inggris]

London, 1 Juni 2015/KPI/ – THE Royal Mint di Inggris Raya menerbitkan koin khusus senilai £5 untuk menghormati 150 tahun Bala Keselamatan. Koin tersebut akan dicetak oleh Alderney – salah satu Channel Islands yang terletak di antara daerah selatan pantai Inggris dan Perancis. Seorang perwakilan Royal Mint representative menyatakan bahwa, sesudah mengadakan kontak dengan kolega mereka di seluruh dunia, mereka meyakini bahwa ini adalah koin Bala Keselamatan pertama yang dicetak secara resmi.

Edisi pertama koin perak sterling dicetak secara terbatas pada hari Rabu 27 Mei oleh Letnan Kolonel Eddie Hobgood (Koordinator Kongres Internasional) dan edisi kedua oleh Mayor John Murray (Sekretaris Komunikasi dan Literatur Kantor Pusat Internasional). Kedua tamu juga diberikan kesempatan untuk berbicara kepada tim yang terlibat dalam pembuatan koin tersebut, dengan menjelaskan sejarah Bala Keselamatan dan pelayanannya sekarang yang berjalan di 126 negara.

Direktur  Percetakan Uang Kerajaan untuk Koin dan Medali Peringatan, Shane Bissett, mengatakan: 'Ini kesempatan yang sangat baik untuk merayakan peringatan 150 tahun Bala Keselamatan dan evolusi dari organisasi yang sangat dicintai ini – yang masih membawakan harapan bagi orang-orang pada zaman sekarang.' Letnan Kolonel Hobgood menambahkan, 'Bala Keselamatan berterima kasih kepada The Royal Mint untuk pengakuan yang luar biasa dalam hal ini, peringatan ke-150 tahun.'

Desain bolak-balik khusus untuk koin peringatan ke-150 adalah karya dari Laura Clancy, salah seorang perancang berbakat di The Royal Mint. Laura memperlajari Kerajinan Tangan Tiga Dimensi di Universitas Brighton dan sebelumnya pernah mengajar di bidang seni dan logam. Karyanya untuk The Royal Mint mencakup berbagai macam proyek seperti karya-karya untuk memperingati Royal Air Force [Angkatan Udara Kerajaan], peringatan ke-90 Perang Dunia Pertama dan Potret Koleksi Inggris.

Desain karya Laura termasuk di antaranya shield Bala Keselamatan yang sudah kita kenal dengan baik dan juga laurel wreath [yaitu sebuah headpiece berbentuk rangkaian daun pada zaman romawi kuno yang digunakan oleh para kaisar].  Siaran pers Royal Mint menjelaskan bahwa desain tersebut 'terinspirasi oleh kehangatan sorak-sorai semangat dan keakraban brass band Bala Keselamatan yang sedang memainkan lagu-lagu Natal, satu ciri khas dari seluruh jalan raya di Inggris dalam rangka persiapan Natal'. Desain tersebut berupaya untuk membuat siapapun yang melihatnya untuk 'memikirkan dengan lebih mendalam organisasi tersebut. Dan pekerjaan baik yang dengan tak kenal lelah dikerjakan oleh para relawannya sepanjang tahun'.

'Saya mendapatkan kehormatan untuk merancang koin Bala Keselamatan,' kata Laura. 'Ini sebuah peluang untuk mempelajari lebih banyak tentang brass bands yang saya ingat pada hari-hari di musim dingin, lagu-lagu yang mereka mainkan menghangatkan udara yang dingin dan dengan lembut membiarkan semua orang di sana tahu bahwa Bala Keselamatan ada untuk mereka. Saya ingin menciptakan satu desain untuk memperingati pencapaian mereka. Sesuatu yang klasik, penuh perayaan, dan juga sesuatu yang kita semua kenal dan akui adalah inti dari Bala Keselamatan.'

Seperti halnya mata uang resmi Inggris lainnya, sisi 'depan' – sisi 'kepala' – memuat potret Ratu Elizabeth II dan tahunnya. Koin Bala Keselamatan adalah salah satu koin terakhir yang memiliki fitur potret keempat Ratu (potret kelima adalah sejak beliau naik takhta pada 1952 yang mulai digunakan pada koin-koin baru yang beredar pada Maret 2015).

Koin diedarkan dalam dua bentuk, versi cupronikel (kandungan logamnya mirip dengan semua koin perak Inggris) dan versi koin perak yang dicetak dalam jumlah terbatas. Koin cupronikel dijual seharga £13 sedangkan koin perak – yang hanya dicetak secara resmi sejumlah 1,500 buah – diberi harga £80. Koin-koin tersebut dapat dibeli langsung di the Royal Mint dan akan diperdagangkan di Toko SP&S selama kongres Internasional Bala Keselamatan pada bulan Juli.

The Royal Mint memiliki sejarah yang tidak terputus sebagai badan percetakan uang Inggris selama lebh dari 1,000 tahun. Pada akhir abad ke 13 badan tersebut terletak di Tower of London, yang kemudian dipindahkan dari Tower ke lokasi gedung di Tower Hill London pada tahun 1812. Pada tahun 1967 gedung baru Royal Mint mulai menempati lokasinya yang baru di bagian selatan Wales, Inggris. Badan ini memiliki tradisi mencetak medali dan koin untuk menandai peringatan, termasuk 4,700 medali kemenangan untuk Olimpiade dan Paralimpiade tahun 2012 di London.

Laporan (berdasarkan siaran pers Royal Mint) oleh bagian komunikasi KPI

Kantor Pusat Internasional

 

Foto-foto koin dan cetakan pertama tersedia di Flickr KPI

Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi website Royal Mint: www.royalmint.com

Siaran ini juga tersedia melalui bagian Berita di www.salvationist.org (klik nama untuk mengakses). Bagi yang mempunyai akses penuh ke database Lotus Notes Bala Keselamatan siaran juga dapat disaksikan melalui database Berita Internasional (International News). Harap diperhatikan bahwa di beberapa lokasi database hanya direplikasi ke server lokal dua atau tiga kali sehari.

Apabila telah tersedia, foto-foto dengan resolusi tinggi dapat diunduh melalui streaming Flickr KPI di sar.my/flickr. Website utama KPI, yaitu www.salvationarmy.org, hanya memposting foto-foto dengan resolusi layar saja.

Laporan: John P. Murray MA, APR, CFRE

Mayor

Sekretaris Komunikasi dan Literatur