Last Updated: 16 January 2017

Wisuda adalah bagian dari kegiatan akademik suatu perguruan tinggi, karena merupakan proses pelantikan kelulusan mahasiswa yang telah menempuh masa belajar pada institusi pendidikan. Penyelenggaraan wisuda dimaksudkan untuk menandai berakhirnya studi mahasiswa pada suatu program studi dan jenjang tertentu. Pada tahun ini STIKES dan AKPER William Booth Surabaya meluluskan 136 Wisudawan yang terdiri dari Ahli Madya Keperawatan Angkatan XV, Ahli Madya Kebidanan Angkatan III, Sarjana Keperawatan Angkatan II dan Profesi Ners Angakatan I. Pelaksanaan wisuda dilaksanakan di gedung Balai Prajurit Surabaya pada Selasa 15 September 2015, pukul 09:30-13:00 WIB.

Acara Wisuda dihadiri oleh Komandan Teritorial Bala Keselamatan, Komisioner Peter Walker berserta Komisioner Jennifer Walker, Opsir Pembina AKPER dan STIKES William Booth, para opsir, Direktur RS William Booth Surabaya beserta jajarannya, para undangan dari berbagai institusi kesehatan di Jawa Timur, Kepala Puskesmas di wilayah Surabaya, Organisasi profesi PPNI dan IBI Kota Surabaya, Kopertis Wilayah VII Jawa Timur, Bidan Praktik Mandiri di wilayah Surabaya, para dosen dan staf STIKES dan AKPER William Booth surabaya beserta para mahasiswa STIKES dan AKPER William Booth Surabaya.

Acara wisuda dipandu oleh Wijar Prasetyo, S.Kep.Ns., MAN dan Fransiska Srihartuti S.KM., M.Kes. Acara diawali dengan tarian ucapan selamat datang kemudian dilanjutkan dengan prosesi Senat Akademik dan para wisudawan memasuki ruangan dan kemudian dilanjutkan dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya. pembacaan Alkitab dan doa pembukaan oleh Mayor Ety Fariani. Laporan pendidikan disampaikan oleh Eny Astuti, S.KM., M.Kes selaku Pembantu Ketua I, dan dilanjutkan pembacaan SK Penetapan Lulusan oleh Erika Untari Dewi, S.Kep. Ns., M.Kes selaku Pembantu Ketua II. Selanjutnya acara penyerahan salinan ijazah dan dilanjutkan dengan pelantikan dan pengambilan sumpah oleh Ketua, Pandeirot M. Nancye, M.Kep., Sp.Kep.J dan Direktur Akper, Aristina Halawa, S.Kep.Ns., M.Kes dan penandatanganan lafal sumpah oleh para wisudawan yang didampingi para rohaniawan tiap agama. Selanjutnya lulusan sarjana keperawatan menyampaikan janji wisudawan yang kemudian diikuti penyematan lencana PPNI dan IBI serta dilanjutkan persembahan lagu dari para wisudawan. Acara kemudian dilanjutkan dengan sambutan oleh perwakilan wisudawan, Ketua STIKES, Komandan teritorial dan dari Kopertis Wilayah VII Jawa Timur.

Dalam sambutannya Komisioner Peter Walker mengatakan bahwa profesi yang telah mereka pilih adalah unik karena seringkali mereka harus mendahulukan kebutuhan orang lain barulah kebutuhan pribadi. Dan bahwa mereka adalah alat Tuhan untuk melayani mereka yang menderita secara fisik serta menjadi pendorong bagi mereka yang mengalami ketakutan ketika menghadapi saat-saat suram bahkan kehilangan harapan karena sakit yang mereka derita. Beliau juga berpesan kepada para wisudawan bahwa kelulusan bukanlah akhir tetapi mereka harus terus belajar dan selalu berusaha untuk mengembangkan diri. Saatnya mereka untuk mengembangkan sayap dan terbang untuk menggapai impian.

Acara diakhiri dengan doa penutup oleh Komisioner Jennifer Walker.

Laporan: Ketua STIKES William Booth dan Kapten Eva Hondro